Resep Masakan Sop Ceker Makaroni

Resep Masakan Sop Ceker Makaroni

Apa sih yang terlintas dipikiran kalau mendengar ceker ayam? pasti kebayang masakan yang lezat seperti sop, soto, ceker kecap, ceker panggang dan masih banyak lagi. Dalam ceker ayam tergandung gizi dan manfaatnya lho sist. Antara lain membantu pembentukan tulang dan gigi, obat alami anti radang, membantu pembentukan sel baru dan masih banyak lagi. Bagaimana masih gak suka dengan ceker ayam? Asal jangan terlalu sering ya. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik :). Untuk resep masakan kali ini cocok segala umur ya terutama anak-anak. cara membuatnya mudah lhoh sist begitu pula bumbunya. Selamat Mencoba πŸ™‚

Bahan :

  • 1/2 kg ceker ayam, bersihkan, beri perasan air jeruk nipis dan sedikit garam, diamkan sebenta lau cuci bersih kembali
  • 1 ons makaroni, rebus
  • 2 batang wortel ukuran sedang, iris
  • 1 bonggol kembang kol ukuran sedang, potong per kuntum
  • 1 batang daun bawang
  • 4 batang sledri
  • bawang goreng secukupnya

Bumbu :

  • 1/2 buah bawang bombay, iris kasar
  • 4 siung bawang putih, keprek
  • 1 cm jahe, memarkan
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu
  • merica secukupnya
  • 1/2 sdt gula pasir
  • air secukupnya

Cara Membuat :

  • Rebus ceker buang busa yang mengapung, tambahkan irisan daun bawang, sebagian sledri dan sedikit bawang goreng, masak dengan api sedang sampai ceker empuk.
  • Tumis bawang putih hingga harum, tambahkan jahe dan bawang bombay kemudian tumis hingga layu dan berwarna kecoklatan.
  • Masukkan tumisan bawang ke dalam rebusan ceker lalu ambahkan garam, kaldu, merica dan gula
  • Masukkan wortel, masak sebentar lalu tambahkan makaroni dan kol, masak hingga sayuran matang dan koreksi rasa.
  • Setelah matang, angkat dan sajikan dengan aburan sledri dan bawang goreng.

Resep Masakan Sederhana Cah Tahu Sayuran

Resep Masakan Sederhana Cah Tahu Sayuran

Adakalanya seorang ibu memiliki rasa malas untuk memasak di dapur. Namun rasa malas itu tidak membuat seorang ibu untuk tidak masak sama sekali ya! pastinya gak tega dong, ngelihat keluarga gak sarapan atau saat pulang aktifitas gak ada masakan di meja makan. Saat malas, pastinya mencari menu sajian yang simple dan cepat cara memasaknya. Seperti cah satu ini sist. Pasti stok aneka sayuran dikulkas pasti ada ini, seperti sawi putih, sawi sendok maupun tauge. Kalo kulkasnya mimin gak pernah absen ketiga sayuran ini :). Soalnya cari aman aja, kadang pas males keluar rumah karena lagi hujan walaupun ada gofood ya sekarang, cah ini menjadi andalan saat lapar. Dengan dibumbui pedas aja, ini cah sudah ngelawuhi alias enak banget. Untuk lauk pendampingnya pun sederhana saja, tempe goreng ataupun telur ceplok. Kalau yang gak suka sawi boleh diganti brokoli atau kembang kol ataupun lainnya sesuai selera ajah. Walaupun malas harus tetap makan ya, cah simple seperti cah satu ini. Selamat mencoba πŸ™‚

Bahan :

  • 5 lembar sawi putih, poong-potong
  • 2 bonggol sawi sendok, potong-potong
  • 50 gr toge panjang
  • 6 buah tahu goreng/ coklat, potong dadu,
  • 1 buah wortel ukuran kecil, iris korek api
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu :

  • 3 buah cabe hijau besar, iris serong
  • 5 buah cabe merah besar iris serong
  • 5 buah cabe rawit, iris serong
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 3 buah bawang merah, iris tipis
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/2 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt kaldu bubuk, boleh skip

Cara Membuat :

  • Pertama cuci bersih sayuran, panaskan minyak goreng, tumis bumbu iris hingga harum kemudian masukkan sawi putih dan sawi sendok juga tahu, aduk rata.
  • Lalu tambahkan bumbu saus tiram, kecap, garam, gula dan kaldu bubuk, aduk rata.
  • Tumis sebentar, koreksi rasa dan masukkan tauge sesaat sebelum diangkat, masak sebentar.
  • Setelah matang, angkat dan sajikan.

Resep Ayam Geprek Sederhana

Resep Ayam Geprek Sederhana . Ayam geprek merupakan makanan yang paling diminati di tahun 2018. Ayam yang crunchy dengan sambal yang pedas bikin makan semakin lezat. Membayangkannya saja sudah bikin ngiler.

Bagi Anda yang suka masak, tidak ada salahnya membuat ayam ini di rumah. Caranya sangat simpel dan sederhana. Anda bisa lihatΒ  resep dan cara membuat ayam geprek satu ini, Selamat mencoba!

Ayam Geprek

Bahan-bahan

Bahan Ayam (marinasi minimal 15 menit)

-500 gram dada ayam fillet, bagi menjadi 5-6 bagian, pukul pipih
-Garam secukupnya
-Kaldu bubuk secukupnya
-Lada secukupnya
-Bubuk bawang putih secukupnya

Bahan Pencelup Basah (aduk agak kental)

-5 sdm tepung terigu
-1 sdm tepung maizena
-Garam secukupnya
-Kaldu bubuk secukupnya
-Bubuk bawang putih secukupnya
-Lada secukupnya
-Air secukupnya

Bahan Pelapis Kering (aduk rata)

-10 sdm tepung terigu
-3 sdm tepung maizena

Bahan Sambal
-20 buah rawit merah
-5 buah cabai merah keriting
-5 buah cabai merah keriting
-4 siung bawang putih, goreng sebentar
-Garam secukupnya
-Kaldu bubuk secukupnya
-Gula pasir secukupnya
-4 sdm minyak panas (bekas goreng ayam)

Cara membuat

1. Gepuk ayam agak pipih agar bumbu mudah menyerap dan hasil lebih crispy. Lalu marinasi.

2. Marinasi ayam 15 menit (makin lama makin baik). Celupkan ayam ke bahan pencelup basah, lalu balurkan ke bahan pelapis kering. Cubit-cubit sampai merata. Goreng hingga kuning keemasan. Sisihkan.

3. Untuk membuat sambal, ulek agak halus cabai rawit dan cabai merah keriting mentah dan bawang putih goreng. Siram dengan minyak panas, beri secukupnya garam, gula dan kaldu bubuk, lalu aduk rata.

4. Ambil sepotong ayam bersamaan dengan sambal lalu digeprek hingga agak hancur. Sajikan dengan lalapan dan nasi hangat.

Resep Masakan Oseng Daun Pepaya dan Teri

Resep Masakan Oseng Daun Pepaya dan Teri

Daun pepaya identik dengan rasa pahitnya sehingga banyak orang yang tidak menyukainya. Padahal daun pepaya ini banyak sekali khasiatnya.Tidak hanya buahnya saja yang sehat untuk dikonsumsi, melainkan daunnya pun bisa dimanfaatkan menjadi sayur yang sehat dan bergizi. Banyak manfaat daun pepaya yang dapat diambil. Beberapa diantaranya yaitu anti malaria, anti kanker, meningkatkan imunitas dan masih banyak yang lainnya. Masih tidak menyukai daun pepaya? Mau mengkonsumsi daun pepaya jika daun pepaya tidak pahit. Ada lho cara merebusnya supaya daun pepaya berkurang rasa pahitnya, yaitu dengan direbus dengan daun singkong, asam jawa, daun jambu biji atau jambu monyet dan dengan tanah liat (lempung). Selamat mencoba πŸ™‚

Bahan :

  • 200 gr daun pepaya, rebus dan sudah tidak pahit
  • 50 gr ikan teri nasi atau teri biasa goreng
  • 2 buah tahu putih, iris dadu goreng setengah matang
  • minyak secukupnya untuk menumis

Bumbu :

  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 5 buah bawang merah,iris tipis
  • 3 buah cabe rawit, iris (sesuai selera)
  • 3 buah cabe merah besar, iris serong
  • 3 buah cabe hijau besar, iris serong
  • ebi secukupnya
  • 1 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm gula jawa sisir
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 2 sdm kecap manis

Cara Membuat :

Panaskan minyak, masukkan semua bumbu yang telah diiris, ebi, lengkuas dan salam. Tumis hingga harum.

Kemudian masukkan daun pepaya dan tahu, aduk hingga. Lalu tambahkan garam, gula pasir, gula jawa, kaldu bubuk dan kecap manis.

Masak hingga matang dan koreksi rasa. Sesaat sebelum diangkat masukkan ikan teri dan aduk hingga rata.

Setelah matang, angkat dan sajikan.

Resep Membuat Peyek kacang

Resep Membuat Peyek kacang

Enaknya punya simbah yang rumahnya dikampung :). Pasti ada aja musim panen. Dikebun simbah dipenuhi dengan aneka tanaman seperti duren, rambutan, kelengkeng, pete, kelapa, melinjo, singkong, kacang tanah, jagung dan palawija. Jadi kalau mau masak tinggal metik aja. pas mau balik dari rumah simbah, mimin dibawain kacang panenan lama atau orang jawa menyebutnya kcang marengan. Mimin ajah bingung, tapi simbah bilang gitu. Itu kacang disimpan dalam keadaan sudah dikupas dan dijemur kering. Dan disimpan buat benih ditanam lagi. Waktu itu dibawain kurang lebih 1 kg nan. Bingung mau dimasak apa? Buat sambal pecel masak ya segini banyak. Dimasak sayur untup-untup paling satu genggam. Lihat stok tepung beras masih banyak juga dan daun jeruk tinggal petik depan rumah, bisa dibuat peyek kacang nich. Dan peyek kacang ini sebenarnya kesukaannya abang. Dah lama requestnya tapi baru bisa eksekusi. Malesnya itu lho, adonan encer banyak kaya butuh waktu lama. Tapi alhamdulillah terlakasana juga buat peyek kacangnya. Sederhana lho bun, buat camilan atau lauk juga enak. Selamat mencoba πŸ™‚

Bahan :

  • 100 gr kacang tanah
  • 200 gr tepung beras
  • 1 butir telur
  • 1 sdm santan instan
  • 300 ml air
  • 5 lembar daun jeruk nipis, iris tipis
  • 1/2 liter minyak goreng

Bumbu yang Dihaluskan :

  • 1 sdt ketumbar
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm kencur
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt kaldu bubuk

Cara Membuat :

  • Campurkan tepung, santan, telur, bumbu dan air sedikit demi sedikit
  • Setelah tercampur rata dan kekentalan adonan sesuai selera, masukkan kacang tanah.
  • Panaskan wajan dengan api sedang dan goreng adonan hingga habis.
  • Goreng hingga matang, angkat dan tiriskan kemudian sajikan.

Resep Masakan Sayur Bening Bayam dan Gambas

Resep Masakan Sayur Bening Bayam dan Gambas

Setelah liburan biasanya malesnya masih ngefek aja. Masak apa bun hari ini untuk keluarga? Boleh dicoba nich, sayur bening bayam dan gambas. Selain masaknya simple dan cepat pastinya juga bergizi dan sehat. Untuk si kecil bisa banget untuk dewasa bisa dipadu dengan sambal karena pasti suka rasa yang pedas. Sayur bening ini dipadu dengan lauk apa saja enak kok. Menu simple untuk hari senin. selamat Mencoba πŸ™‚

Bahan :

  • 1 ikat bayam, siangi
  • 1 buah gambas ukuran sedang
  • 800 ml air
  • Bawang goreng untuk taburan

Bumbu :

  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 4 buah bawang merah, iris tipis
  • Garam secukupnya
  • Gula Pasir secukunya
  • 1/2 sdt kaldu bubuk

Cara Membuat :

  • Cuci bersih bayam dan gambas, sisihkan
  • Panaskan air dan tambahkan bumbu iris kemudian masak hingga mendidih.
  • Masukkan irisan gambas dan tambahkan garam, gula pasir dan kaldu bubuk.
  • Setelah gambas empuk masukkan bayam, aduk rata dan masak sebentar saja.
  • Angkat dan sajikan selagi hangat dengan taburan bawang goreng.

Resep Masakan Lodeh Tewel

Resep Masakan Lodeh Tewel

Seperi biasa, ngerumunin tukang sayur karena ibu2 lagi asik milih aneka sayuran. Saat salah satu itu bu nanya ma abang sayur, mang tewel adakah? Sesaat diam bingung dan bertanya-tanya, sayur apasih itu? langsung tanya lagi ma ibuknya tadi, tewel apa bu? itu lho mbak gori (nangka muda). Owalllahhhh…baru ngeh kalo tewel adalah nangka muda alias gori. Di daerahku sini tewel ini biasa dimasak sayur bobor dan dipadu dengan sambal terasi dan tempe tahu atau ikan asin goreng. kalau di kota kalian dimasak apa buntik? Nah ternyata tewel ini bisa dimasak juga menjadi sayur lodeh. Tapi kalo lodeh saya biasanya sayurannya lengkap seperti kacang panjang, labu siam, terong, kulit melinjo, daun melinjo, toge kedelai, wortel, kubis dan tewel. Nah kali ini lodehnya berbeda, karena bahannya tewel saja. Berikut bahan, bumbu dan cara membuatnya. Selamat Mencoba πŸ™‚

Bahan :

  • 1 buah tewel ukuran kecil
  • 1 cm lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 1 bungkus santan instan
  • air secukupnya untuk merebus
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 4 siuang bawang putih
  • 8 butir bawang merah
  • 2 buah cabe merah besar
  • 10 buah cabe rawit/ sesuai selera
  • 2 butir kemiri
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1/4 jinten
  • 2 cm kencur
  • 1 cm kunyit

Cara Membuat :

  • Kupas tewel, potong kecil kemudian rebussampai mendidih dan tiriskan buang air rebusan, siram dengan air suhu ruang,kemudian rebus kembali.
  • Diwajan lain, tumis bumbu halus bersama lengkuas, daun salam dan daun jeruk hingga harum dan matang. Kemudian masukkan rebusan tewel.
  • Masukkan santan, aduk hingga rata lalu tambahkan sedikit air, garam, gula dan kaldu bubuk. Masak hingga bumbu meresap dan nangka empuk.
  • Angkat dan sajikan dengan sambal dan tempe tahu goreng.

Resep Gado-Gado Suka-Suka

Resep Gado-Gado Suka-Suka

Kadang pengen masak yang neko-neko, tapi kadang ada bumbu yang kurang atau lupa sayur ini, kurang itu malah jadi badmood. Nah kemarin itu pas sayur lewat, noba lihat-lihat sayurannya yang dibawa. Kok jadi pengen makan gado-gado ya! Dah langsung ambil tahu, tempe, buncis, wortel dan mentimun. Kalo sawi dan tauge selalu nyetok dikulkas soalnya suka buat lalapan. Tapi apalah daya, masaknya besok paginya karena sudah siang dan malas mulai melanda. Langsung paginya beraksi pagi, siangi semua sayuran, potong lalu dikukus. Daripada direbus, saya lebih menyukai sayuran yang dikukus ya! Kemarin ngukusnya pake tu#perw#re steamit. Kalau menurut saya lebih terasa rasa sayurannya alias gak sepo dan lebih kesat gitu gak berair. Oeh ya itu namanya suka-suka jadi sayurannya suka-suka saya atau boleh juga sesuai selera buntik. Setelah matang saatnya makan, sudah siang juga sarapannya jadi ngerasa lebih enak aja. Kalau saya masak itu patokannya adalah mas bojo, kalau beliau bilang enak berarti benar enak, kalau enggak pasti kurang ini, kurang itu apalah alasannya. Tapi alhamdulillah mas bojo suka πŸ™‚ seger dan sambalnya juga enak. Semoga bermanfaat ya buntik. Selamat Mencoba πŸ™‚

Bahan :

  • 5 lembar sawi putih, potong2
  • 6 lonjor buncis/ kacang panjang, potong2
  • 2 bungkus tauge
  • 2 buah wortel ukuran sedang, potong2 panjang
  • 4 buah kentang sedang, potong jadi 4
  • 1 papan tempe, potong dadu
  • 6 buah tahu putih, potong dadu
  • 1 buah mentimun, potong sesuai selera
  • 2 buah telur rebus, potong jadi 2

Sambal kacang:

  • 150 gr kacang tanah, goreng
  • 1 butir gula merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/4 sdt garam
  • 1 buah cabe rawit
  • 2 buah cabe merah besar
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 biji asam jawa, buang isinya
  • kencur secukupnya
  • 1/2 bungkus santan instan
  • 1 jeruk limau, peras
  • 100 ml air

Cara Membuat :

  • Tata sawi putih, wortel, buncis, tauge dan kentang dalam wadah steam it lalu kukus hingga matang.
  • sambil menunggu, goreng tahu dan tempe hingga matang atau setengah matang(sesuai selera).
  • Untuk sambal: Haluskan kacang, bawang putih, cabe, daun jeruk, kencur, asam dan gula jawa.
  • Setelah bumbu kacang halus, panaskan air lalu masukkan bumbu kacang secukupnya kemudian tambahkan santan dan jeruk limau dan masak hingga mengental, koreksi rasa dan angkat
  • Tata sayuran di piring lalu sajikan dengan sambal. Boleh ditambahkan krupuk sebagai taburannya.

Resep Masakan Tongseng Ayam

Resep Masakan Tongseng Ayam

Buntik kalo weekend pada ngapain sih? Masak? bersih-bersih rumah? piknik? makan diluar? ngemoll? main ke ruamh saudara/ nenek? pasti banyak ya kegiatannya. Saat ngumpul liburan pasti ada aja yang dilakukan supaya kebersamaan lebih berkesan. Untuk yang suka menghabiskan waktunya bereksperimen di dapur, boleh dunk buat aneka kue atau sajian lainnya. Adakalanya ya bun, bosan dengan olahan ayam yang digoreng? Selain praktis, enak dan simple cuma dicocol dengan sambal dan lalapan itupun sudah cukup. nah…ini bunda resep masakan lain olahan ayam yang bisa bunda coba. Tongseng ayam bun! Apa sih pertama kali yang ada dipikiran dengan mendengar kata tongseng, pasti kambing. hehehe…daging ayam juga bisa dimasak tongseng ya bun. Bagi anda yang kurang menyukai daging kambing, daging ayam bisa menjadi alternatifnya. Silahkan disimak buntik! dari bahan, bumbu serta cara membuatnya. Bahan sangat mudah didapatkan di pasar. dan lama memasaknya juga cepat bunda. Menikmati tongseng ayam bersama sanak keluarga pasti akan lebih berkesan weekendnya. selamat Mencoba πŸ™‚

Bahan :

  • 1/2 kg daging ayam, potong agak kecil, beri sedikit air jeruk nipis dan garam, diamkan sebentar, cuci bersih
  • 4 buah bawang merah, iris tipis
  • 2 cabe rawit, iris (sesuai selera)
  • 3 lembar kol, potong kasar
  • 2 buah tomat, potong kasar
  • 1 batang daung bawang, iris
  • cabe rawit utuh sesuai selera
  • 1/2 bungkus santan instan
  • 2-3 sdm kecap manis
  • Air secukupnya
  • Garam dan kaldu bubuk secukupnya
  • Bawang goreng untuk taburan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 cm kayu manis
  • 1 buah pekak/ bunga lawang
  • 2 buah cengkeh

Bumbu yang Dihaluskan :

  • 4 siung bawang putih
  • 6 buah bawang merah
  • 1 sdt ketumbar sangrai
  • 3 butir kemiri sangrai
  • 1 cm jahe dan kunyit bakar
  • 1/4 sdt pala bubu dan jinten

    Cara Membuat :

  • Tumis bawang merah dan cabe iris hingga harum, kemudian tambahkan bumbu yang telah dihaluskan dan aneka bumbu rempah seperti daun salam, serai, daun jeruk, lengkuas, kayu manis, pekak dan cengkeh, masak hingga matang.
  • masukkan potongan ayam yang telah dicuci bersih, masak hingga berubah warna, tambahkan kecap manis aduk hingga rata. Dan tambahkan air hingga ayam terendam, didihkan.
  • Tambahkan garam, kaldu bubuk dan merica bubuk, masak hingga ayam empuk dan bumbu meresap (koreksi rasa)
  • Sesaat sebelum diangkat masukkan irisan kol, cabe rawit, tomat, daun bawang dan santan. Masak sebentar, lalu diangkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng.

Resep Masakan Pindang Patin Sederhana

Resep Masakan Pindang Patin Sederhana

Ikan patin sekilas mirip lele karena ikan ini tergolong ke dalam jenis ikan berkumis (siluriformes). Ikan patin ini rendah lemak dan mengandung omega 3. Lemak tak jenuh yang dikandungnya berperan dalam pencegahan penyakit kardiovaskular, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, serta menurunkan resiko penyakit jantung coroner. Ikan patin cocok untuk mereka yang sedang diet karena rendahnya kadar lemak dan kolesterol tersebut. Kandungan gizi di dalamnya mampu menutrisi dan menyehatkan tubuh. Resep pindang patin merupakan salah satu resep olahan ikan patin yang terkenal dari Palembang selain empek-empek. Cara memasak juga mudah buntik. Cocok dinikmati saat cucaca dingin. Aneka bumbu dan kemanginya begitu menggugah selera dan juga tekstur ikannya lembut dan enak. Selamat Mencoba πŸ™‚

Bahan :

  • 2 ekor ikan patin, ukuran sedang (boleh digoreng dulu)
  • 2 ikat kemangi, siangi
  • 3 buah tomat hijau, belah
  • 10 buah cabe rawit utuh
  • 2 buah daun salam
  • 2 buah daun jeruk
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • 1 cm jahe, geprek
  • 1 batang serai, geprek
  • 1/4 sdt lada
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 sdm gula jawa sisir
  • Air asam Jawa atau asam biasa
  • Minyak untuk menumis
  • Air secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan :

  • 4 siuang bawang putih
  • 6 buah bawang merah
  • 2 buah cabe merah besar
  • 2 buah cabe rawit
  • 2 buah kemiri

Cara Membuat :

  • Pertama, bersihkan ika patin, potong, baluri ikan dengan perasan jeruk nipis dan diamkan 15 menit, lalu cuci bersih.
  • Panaskan minyak, umis bumbu halus dan tambahkan daun salam, daun jeruk, jahe dan serai. Tumis hingga harum
  • Kemudian tambahkan air dan bumbu seperti garam, kaldu, lada, kecap manis dan gula jawa.
  • Masukkan ikan patin, aduk sesekali saja. Koreksi rasa, jika dirasa sudah pas dan masak hingga matang. Sebelum diangkat masukkan kemangi, irisan tomat hijau dan cabe rawit.
  • Angkat dan sajikan selagi hangat.