Resep Membuat Kue Jagung Manis Kukus

kue-bolu-kukus-jagung-manis

Resep Membuat Kue Jagung Manis Kukus

Dengan mengkonsumsi jagung manis bisa membantu anda dalam hal kesehatan tubuh dan otak, karen jagung manis kaya akkan nutrisi dan vitamin. Makadari itu jagung disebut salah satu makanan super. Adapun beberapa manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi jagung yaitu dapat meningkatkan kesehatan penglihatan, ini karena jagung manis kaya akan antioksidan dan pigmen zeaxanthin yang dapat melindungi mata dari penyakit seperti degenerasi makula dan jagung manis juga kaya akan beta karoten dan folat. Kemudian jagung manis juga dapat meningkatkan daya ingat. Lalu jagung manis dapat mencegah penyakit jantung. Karena jagung kaya akan folat dan vitamin B9, dimana vitamin ini dapat membantu menurunkan asam amino yang ada di dalam pembuluh darah.

Tapi perlu diingat cara memasakpun juga akan mempengaruhi gizi yang ada di dalam jagung. Maka dari itu jagung yang sehat untuk dikonsumsi adalah jagung yang dimasak dengan cara dikukus. Namun bagi anda yang bosan menikmati jagung yang begitu-begitu saja, resep masakan dari jagung manis yang satu ini bisa menjadi alternatifnya. Silahkan simak bahan serta cara membuatnya di bawah ini. Selamat Mencoba 🙂

Bahan:

  • 5 butir telur
  • 1/4 gram jagung manis, pipil
  • 60 gram tepung terigu
  • 15 gram maizena
  • 40 gram gula pasir
  • 1 sdt cake emulsifier
  • 50 ml susu cair
  • 50 gram keju parut
  • 35 gram margarin, lelehkan

Cara Membuat:

Pertama kocok telur dan gula hingga lembut. Masukkan cake emulsifier, kocok kembali hingga mengembang.
Kemudian masukkan tepung terigu dan maizena, aduk hingga rata. Tuang susu cair dan margarin, aduk rata kembali. Masukkan jagung, aduk rata.
Lalu tuang adonan ke dalam cetakan. Taburi atasnya dengan keju parut lalu kukus hingga matang.

Resep Membuat Kue Lapis Surabaya

kue-lapis-surabaya

Resep Membuat Kue Lapis Surabaya

Surabaya biasanya terkenal sebagai kota pahlawan. Dan selain itu, surabaya merupakan salah satu menyimpan kuliner yaitu kue lapis. Kue lapis ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang enak pastinya. Sehingga kue lapis ini menjadi favorit banyak orang. Kue lapis ini juga dapat digunakan sebagai camilan di rumah, sajian arisan  atau acara besar lainnya. Dan ciri khas dari kue lapis ini yaitu memiliki 2 lapisan yaitu kuning dan coklat. Sehingga kedua warna ini begitu serasi dan terlihat sangat cantik. Dan diantara 2 lapisan itu terdapat selai untuk menyatukan kue lapis ini. Jadi saat berkunjung ke surabaya, jangan lupa untuk mencicipi kue lapis yang satu ini. Namun jika anda menikmati kue lapis ini tanpa harus pergi surabaya, anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Tidak perlu bingung untuk bahan dan cara membuatnya, silahkkan simak resep di bawah ini. Selamat Mencoba 🙂

Bahan :

Lapisan Kuning:

  • 14 kuning telur
  • 50 gr tepung terigu protein sedang
  • 20 gr tepung maizena
  • 100 gr gula pasir
  • 15 gr susu bubuk
  • 100 gr mentega
  • 25 gr margarin
  • 1 sdm susu kental manis putih

Lapisan Cokelat:

  • 15 kuning telur
  • 30 gr tepung terigu protein sedang
  • 150 gr gula pasir
  • 20 gr cokelat bubuk
  • 15 gr susu bubuk
  • 1/4 sdt baking powder
  • 100 gr mentega
  • 25 gr margarin
  • 1 sdm susu kental manis putih

Olesan:

  • 75 gr gula tepung
  • 7 gr creamcheese
  • 1 sdm mentega
  • 50 gr krim bubuk
  • 100 ml air es
  • 1 sachet capucino

Cara Membuat :

Lapisan kuning: Pertama kocok margarin dan mentega sampai putih. Tambahkan susu kental manis. Kocok rata. Sisihkan.
Kemudian kocok kuning telur dan gula sampai mengembang dan tambahkan tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
Lalu tuang kocokan telur ke dalam kocokan mentega sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Tuang ke dalam loyang 22 x 22 x 4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti dan oven 20 menit dengan suhu 190 derajat Celsius hingga matang.
Untuk lapisan cokelat sama dengan lapisan kuning caranya. Untuk olesan: kocok creamcheese, mentega, gula
tepung sampai lembut. Sisihkan. Kocok krim bubuk, air es, dan kapucino sampai creamy. Masukkan ke dalam kocokan cream cheese sambil dikocok hingga lembut. Oleskan di atas selembar kue. Tutup dengan kue lainnya.

 

Resep Membuat Minuman Teh Hijau Rempah

teh-hijau-rempah

Resep Membuat Minuman Teh Hijau Rempah

Teh hijau merupakan minuman herbal alami yang banyak sekali manfaatnya untuk tubuh. Salah satunya adalah dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara yang efektif seperti mempercepat metabolisme dan meningkatkan rasa kenyang. Berdasarkan penelitian orang yang minum teh hijau 2 kali hingga 6 kali dalam sehari berat badan dapat turun hingga 5%. Dan teh hijau sendiri diolah dengan cara dikukus, lain dengan teh hitam dan teh oolong dengan menggunakan fermentasi. Karena pengolahan dengan cara dikukus akan melindungi senyawa EGCG, yaitu antioksidan. Sehingga menjadikan teh hijau ini begitu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Teh hijau merupakan herbal yang sangat kuat. Jadi, jika minum teh hijau secara sembarangan akan menyebabkan nyeri lambung, mual dan insomnia. Dan waktu yang baik untuk minum teh hijau adalah diantara waktu makan dan setidaknya 1 jam setelah makan. Maka dari itu hindari minum teh saat perut kosong di pagi hari, kenapa? Karena teh hijau mengandung katekin dan kafein yang dapat merangsang produksi asam lambung dan menyebabkan ganguan pencernaan. Dan jangan minum teh hijau saat makan, kenapa? Karena dapat menganggu penyerapan protein, lemak dan zat besi.

Yuk! Mencoba menikmati teh hijau dengan cara yang berbeda. Kali ini teh hijau akan dipadu dengan kayu manis, parutan jahe, kapulaga dan madu. Dan teh hijau ini sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin ketika hujan. Minuman satu ini bisa menjadi pelengkap kebersamaan anda bersama keluarga. Silahkan simak resep di bawah ini. Selamat Mencoba 🙂

Bahan :

  • 5 kantung teh hijau
  • 2 batang kayu manis
  • 1/2 sdt jahe parut
  • 1/2 sdt kulit lemon parut
  • 3 biji kapulaga yang sudah dihancurkan
  • 4 gelas air panas mendidih
  • 3 sdm madu

Cara Membuat :

Pertama siapkan wadah ukuran besar.
Lalu masukkan kayu manis, kantung teh, jahe, kulit lemon, dan kapulaga.
Kemudian tuangkan air mendidih.
Dan seduh selama 5-6 menit lalu saring minuman dan campurkan madu
Teh Hijau rempah siap disajikan

Resep Membuat Donat Kentang

img_20160401_142947

Resep Membuat Donat Kentang 

Di hari Minggu biasanya diisi dengan kegitan ngadem (motoran ke gunung lawu, kebun teh atau cemoro sewu) karena bosan dengan rutinitas setiap hari dan ingin cari suasana lain. Tapi karena sekarang lagi musim hujan, maka diputuskan untuk hari minggu ini berdiam di rumah. Namun seringkali saat berangkat dari rumah matahari bersinar terang tapi setelah sampai tujuan selalu mendung, berkabut dan hujan (ya lha kan di pegunungan). Saat berdiam di rumah pun bingung mau ngapain juga. Setelah beberes kulkas dan lihat ada kentang, butter cream, meses dan coklat batangan, terbesit dalam pikiran untuk buat donat(duh bahasanya, hehehe). Kemudian saya intip almari dimana saya menyimpan tepung dan ternyata masih ada sisa (Alhamdulillah dah lengkap bahannya). Dan saatnya siap eksekusi….

maker-1

goreng

Banyak yang bilang kalau donat kentang ni rasanya lebih enak dari donat yang berbahan tepung saja, karena dari baunya itu sedep ada bau-bau ubi gorengnya. Donat yang biasa saya buat untuk dijual itu ukurannya berdiameter 8 cm dan juga menggunakan cetakan. Untuk berat tiap adonan donat biasanya 40 gr dan biasanya saya jual dengan harga 1500 rupiah. Kalau saya biasanya nitip warung disekitar perumahan saja atau juga ada yang langsung pesan ke saya untuk dimakan sendiri, oleh-oleh atau buat bekal piknik. Tapi kadang ada juga yang pesan untuk dijual lagi dikantornya. Kalau yang langsung pesan untuk dijual kembali biasanya saya kasih lebih 1 buah donat (sebagai terima kasih dah pesan donat ke saya) walaupun dari mereka dijual lagi entah jadi berapa harganya itupun terserah mereka.

topping

img_20160605_080301

Akan tetapi donat kali ini dibuat untuk dimakan sendiri, jadi saya buat ukurannya agak gede an 🙂 hehehe. Biasanya berat satuan donat 40 gr kali ini 50 gr dan itupun tanpa cetakan. Penasaran kan ma bentuknya! ada yang rapi lubangnya dan ada yang tidak beraturan (maklum tanpa cetakan). Berikut adalah resep donat kentang dari saya untuk dijual kembali atau dinikmati sendiri. Silahkan simak bahan serta cara membuatnya di bawah ini :

img_20161120_105148

 

Bahan :

  • 250 gr kentang, bersihkan, potong, kukus dan haluskan
  • 250 gr tepung terigu protein tinggi
  • 1 butir telur ayam
  • 2 sdt susu bubuk full cream
  • 5 sdm gula halus
  • 1,5 sdt ragi instan
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 70 ml air
  • 3 sdm margarin
  • minyak goreng secukupnya

Topping :

  • Coklat Batangan, tim untuk melelehkan
  • Coklat strawberry ( pink ), tim untuk melelehkan
  • Springkle
  • Butter cream
  • Meses coklat atau warna-warni


Cara Membuat :

Pertama siapkan wadah besar, masukkan kentang, tepung terigu, gula halus, baking powder, ragi dan susu bubuk. Aduk hingga rata
Kemudian masukkan telur dan tambahkan air sedikit demi sedikit dan aduk sampai merata
Lalu tambahkan margarin dan garam, aduk sampai adonan kalis
Bentuk bulat adonan tadi dan biarkan selama kurang lebih 60 menit sampai mengembang.
Selanjutnya bentuk adonan seperti donat biasanya
Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng
Goreng donat hingga matang atau berwarna kuning keemasan
Angkat, tiriskan dan sajikan dengan topping sesuai selera.

img_20160522_142826

img_20160402_084351

Bagaimana? mudah kan? Dari bahan, bahan topping serta cara membuatnya juga sangat mudah lhoh tapi agak lama ya soalnya nunggu adonan mengembang dan setelah digoreng harus nunggu donat dingin supaya bisa diberi topping. Untuk soal rasa, bisa dibuktikan sendiri pasti anak-anak, suami dan keluarga bakal suka dan ketagihan. Anak tetangga aja sekali makan habis 2 dan kadang mau nambah lagi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 🙂

Resep Masakan Pepes Ikan Salem Sederhana

Resep Masakan Pepes Ikan Salem Sederhana

img_20161121_122720

img_20161121_122712

Saat memikirkan menikmati makanan yang panas, pedas dan segar, disitu suara motor pak sayur terdengar danberhenti di depan rumah. Dan disitulah aku langsung bergegas keluar untuk melihat-lihat aneka sayuran yang pak sayur bawa. Karena pak sayur sampai sini sudah siang sekitar pukul 9 atau setengah 10 an maka sayur dan lauk yang di bawa pun tinggal seadanya. Waktu itu sayur yang ada adalah kangkung, bayam serta kecambah dan lauknya tahu, cumi-cumi, ikan salem dan 1/4 iga sapi serta aneka bumbu. Langsung cling nih pikiran, pengen yang seger dan membayangkan masakan perpaduan tomat hijau, cabe rawit dan gurihnya parutan kelapa yaitu pepes ikan. Setelah mengelilingi gerobak pak sayur, lalu kuputuskan untuk memilih ikan salem.

img_20161119_072350

Awalnya sih bingung dengan berbagai kelengkapan untuk membuat pepes tapi karena disini banyak tetangga yang baik dan ada yang berjualan untuk angkringan otomatis banyak berbagai bumbu dan bahan yang dibutuhkan. Dengan begitu aku beranikan diri untuk mengirim pesan singkat karena rumahnya agak jauh antara Rt 1 dan 2 (hehehhe…gak sopan hanya via pesan singkat saja) dari berbagai bahan yang dibutuhkan untuk pepes ternyata masih kurang banyak yaitu kelapa muda, cabe, tomat dan daun pisang. Dengan berhati-hati kurangkai kata (duhh…lebaywati, soalnya beliau lebih tua dari saya) langsung ku tulis kekurangan bahan pepes itu untuk dibeli dari beliau. Dan alhamdulillah karena udah kenal lama dan memang beliau baik maka bahan yang kubutuhkan itu semua diberikan (senengnya dikasih harga murah lagi 🙂 ) Setelah beliau bilang ada, langsung cus ke rumah beliau untuk mengambilnya. Tak lama untuk mengambil belanjaan dari beliau (udah ngiller pengen menikmati pepes ikan salem ) langsung balik pulang (biasanya ngobrol sampai lupa waktu #ngrempyong ciiinn..). Setelah sampai rumh langsung tuh eksekusi si ikan salem. Ikan salem dibelah jadi 2 dan diambil duri-durinya dan kepala ikannya juga diikutkan ya (sayang kalau dibuang, hehehehe….)Daun pisang supaya tidak pecah saat dibentuk, sebaiknya dijemur sebentar hingga agak layu. sambil menunggu daun pisang layu, saya akan mulai mengiris-iris cabe hijau besar, tomat ijo, salam, daun jeruk, lengkuas, batang serai. Jangan lupa dengan daun kemanginya, sebab ini yang menambah aroma pepes ikan salem semakin lezat. Sebenarnya ini adalah salah satu pekerjaan memasak yang tidak begitu saya sukai yaitu memarut kelapa muda (kemayu dasare, hehe…). Tapi parutan kelapa muda inilah yang menambah kelezatan pepes ikan salem (Tetep semangat marutnya). Angkut masuk daun pisangnya dulu ahhh…keburu kering kerontang. Saatnya nyiapin bumbu yang dihaluskan ya, bawang merah, bawang putih, cabe keriting besar, cabe merah besar, cabe rawit (sret atau jemprit, disiangi untuk utuhan ya), kemiri (bakar bentar aja), jahe dan kunyit yang dibakar juga. Setelah halus bumbunya, lalu dicampur dengan parutan kelapa dan jangan lupa ya untuk dicicip rasanya. Jika dirasa sudah pas, mulai gulung-gulung bungkus pepesnya.

img_20161119_072204_1479689720761

img_20161119_072139

img_20161119_072213

Semakin tidak sabar pepes ikan salem ini matang. Dan ini bahan, bumbu serta cara membuatnya :

Bahan :

  • 4 ekor ikan salem, belah jadi 2 dan buang durinya
  • 1 butir kelapa muda utuh, parut
  • 1 untai kemangi, ambil daun dan pucuknya
  • 4 buah tomat ijo, iris sesuai selera
  • 16 buah cabe rawit ( 1 bungkus 2 buah cabe)
  • 4 lembar daun salam, potong jadi 2
  • 3 cm lengkuas, iris tipis jadi 8
  • 4 batang serai, belah jadi 2
  • 4 buah daun jeruk, potong jadi 2
  • Daun pisang secukupnya
  • Tusuk gigi secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :

  • 5 buah cabe merah keriting
  • 3 buah cabe rawit
  • 5 siung bawang putih
  • 7 bawang merah
  • 2 cm jahe, dibakar
  • 2 cm kunyit, bakar
  • 2 buah kemiri, dibakar atau disangrai

cara Membuat :

Pertama campur bumbu yang telah dihaluskan dengan parutan kelapa dan dicicipi, dan bagi menjadi 8 bagian sama rata
Kemudian siapkan daun pisang 2 lembar, tata parutan kelapa setengah setiap bagian kemudian letakkan cabe rawit utuh, tomat iris, salam, lengkuas, daun jeruk bantang serai dan kemangi diatasnya
Lalu setelah kemangi, baru ikan di letakkan dan ditutup dengan kemangi dan parutan kelapa setengah setiap bagian lagi
Dan selanjutnya digulung, lalu ujung dikancing dengan tusuk gigi dan lakukan hingga ikan habis
Setelah itu, pepes ikan dikukus selama 45 menit dan kemudian dipanggang hingga daun agak gosong
Angkat dan sajikan.

img_20161119_072228_1479689734527

img_20161119_072700

Itulah resep sederhananya bahan, bumbu dan cara membuatnya memang banyak dan butuh waktu lama, terutama saat memarut kelapa (hehhe…). Tidak sabar menunggu matangnya pepes ini, keburu lapar. Setelah matang, gak langsung makan tapi pengen segera kasih tester ke tetangga dekat. Ingin denger komentarnya donk pastinya ( deg-degan juga sih jkarena pertama kali masak seperti ini ). Aku ambilkan nasi 2 entong nasi dan 3 2 pepes ikannya dan kuantar ke rumah tetangga. Karena ni orangnya unik, langsung dah disantap olehnya ( sambil nelen ludah ), suruh nunggu sam pai dia makan selesai ( ni sengaja ngerjain orang ) baru nanti dikasih komentarnya. Hedeh…bu…bu lha kok lama banget sampe nunggu makan habis. Dengan sabar saya menunggu selesai, dan beliau memberi komentarnya dan tarrra …. ENNAAAKK…katanya, seneng banget dah pokoknya. Setelah itu aku pulang baru menikmati pepes ikannya, karena dah ngiler dari awal buat. Akhirnya….sarapan juga dengan pepes ikan salem yang rasanya endossslah dah (walaupun sarapannya dah jam 11:30). Setelah selesai makan, istirahat bentar sambil nonton tv dan hp pun berbunyi, dan setelah saya buka ternyata pesan dari ibu yang dikasih tester tadi kalo ternyata dia pesen 8 bungkus. Saya iyain ajalah, Alhamdulillah rejeki. Setelah saya ureg-ureg alias hitung dapatlah harga yang pas dan cocok dengan pepes ikannya. Saya beritahukan kepada beliau untuk harga pepesnya dan ternyata setuju. Setelah itu Beliau pesan hingga saat kini sudah 3 kali pesan (emang gak bosan ya bu ). Alhamdulillah 🙂 Malamnya, saya bungkuskan 3 bungkus pepes untuk ibu yang telah menolong saya untuk meberikan sebagian bumbu dan daun pisangnya untuk saya beli. Saya memberikan di warung angkringan sekalian wedangan. Dan kemudian dinikmatilah pepes itu, beliau ini bersam putranya. Karena kepengen dengan aroma pepesnya, kemudian putra si ibu ini juga ikut makan dan dia berkomentar ternyata bu tom (saya) bisa masak juga to (dalam bahasa jawa). Langsung tambah seneng dan pede kalau buat lagi nanti. Pokoknya Alhamdulillah 🙂

img_20161117_112516

Semoga resep sederhana pepes ini menjadi inspirasi para ibu untuk membuat menu ikan salem dengan cara bberbeda dan bisa menjadi ladang usaha. Selamat Mencoba 🙂

 

Resep Masakan Udang Bumbu Madu Jahe

Udang bumbu jahe madu

Resep Masakan Udang Bumbu Madu Jahe

Udang merupakan salah satu bahan makanan yang banyak penggemarnya. Selain rasanya enak dan kaya akan vitamin, udang ini bisa diolah menjadi masakan apapun. Nah kali ini udang akan diolah dengan bumbu sederhana, yaitu jahe, madu dan bawang putih. Untuk membuatnya silahkan simak bahan, bumbu dan cara membuatnya di bawah ini. Nikmati kebersamaan bersama keluarga dengan udang dengan bumbu sederhana. Selamat Mencoba 🙂

Bahan:

  • 1 kg udang kupas

Bumbu :

  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sdm madu
  • 2 sdt minyak wijen
  • 1 sdm jahe parut
  • 1 sdm kecap
  • 1 buah lemon, diamnil sarinya
  • 125 ml air
  • daun bawang secukupnya.

 

Cara Membuat :

Pertama panaskan penggorengan lalu tambahkan minyak, udang, jahe, kecap dan sari lemon.
Kemudian masak udang selama 4-5 menit dan aduk hingga rata.
Lalu tambahkan air dan madu dan masak lagi selama 2 menit sampai matang.
Taburi dengan daun bawang dan sajikan

Resep Masakan Brokoli Jamur Bumbu Lada Hitam

Brokoli lada hitam,

Resep Masakan Brokoli Jamur Bumbu Lada Hitam

Bumbu lada hitam merupakan salah satu bumbu oriental yang banyak penggemarnya. Sensasi rasa pedas khas lada hitam bisa memanjakan lidah. Biasanya bumbu lada hitam dipadu dengan daging sapi, namun kali ini bumbu lada hitam akan dipadu dengan aneka sayuran. Dan masakan kali ini bisa menjadi alternatif bagi yang kurang menyukai daging atau vegetarian. Silahkan simak bahan dan bumbu di bawah ini. Cara membuatnya juga sangat mudah dan cepat. Selamat Mencoba 🙂

Bahan:

  • 1/4 kg brokoli hijau
  • 6 buah jamur kancing iris agak tipis
  • 6 buah jamur kuping cacah memanjang
  • 1 buah paprika cacah sesuai selera
  • 100 ml air kaldu
  • margarin untuk menumis

Bumbu :

  • 1/2 buah bawang bombay, cacah halus
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm saus teriyaki
  • lada hitam secukupnya
  • 1/2 buah tomat
  • gula, garam dan merica secukupnya

Cara Membuat :

Pertama tumis bawang bombay bersama saus tiram, saus teriyaki. Setelah mulai harum, masukkan tomat dan tumis kembali hingga agak layu.
Kemudian masukkan jamur kuping, jamur kancing dan paprika. Aduk hingga rata dan masukkan lada hitam.
Lalu masukkan potongan brokoli, tumis sebentar. Saat mulai panas, masukkan air kaldu, gula, garam dan merica. Aduk, tutup sebentar.
Setelah sekitar 1 menit, buka tutupan. Aduk sebentar, matikan api. Angkat dan sajikan.

Resep Camilan Lumpia Goreng Isi Ubi

lumpia isi ubi

Resep Camilan Lumpia Goreng Isi Ubi

Kreasi dalam memasak untuk bahan yang sama itu memang sangat dibutuhkan dan harus dimiliki. Dengan bahan yang sama serta pengolahan yang sama adakalanya membuat kita menjadi bosan. Nah… Kali ini salah satu kreasi dalam mengolah ubi. Biasanya ubi dinikmati dengan cara direbus atau digoreng. Namun kali ini ubi akan digulung dengan kulit lumpia. Dengan Pelengkap gula halus dan kayu manis, membuat lumpia isi ubi ini semakin nikmat. Yuk, lengkapi kebersamaan keluarga dengan lumpia ubi. Selamat Mencoba

Bahan:

  • 20 lembar kulit lumpia
  • Minyak goreng secukupnya
  • 50 ml larutan terigu

Isi:

  • 1/2 kg ubi, kupas dan rebus
  • 3 sdm kismis
  • 3 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam

Pelengkap:

  • Gula halus
  • Kayu manis bubuk

Cara Membuat:

Pertama haluskan ubi, tambahkan gula dan garam, aduk rata, masukkan kismis.
Kemudian isi adonan ke dalam kulit lumpia hingga habis, gulung dan lekatkan dengan larutan terigu.
Lalu goreng lumpia hingga kuning keemasan, angkat dan sajikan dengan pelengkap

Resep Masakan Mie Bihun Goreng Spesial

Mie goreng

Resep Masakan Mie Bihun Goreng Spesial 

Hujan-hujan begini paling enak menikmati yang hangat. Untuk minuman biasanya menikmati kopi, teh dan coklat panas. Sedangkan untuk makanan biasanya lebih suka dengan mie instan rebus yang panas dengan aneka sayuran. Tapi bihun goreng juga gak kalah nikmat ma mie instan rebus lho. Silahkan simak resep dan bahannya di bawah ini untuk membuat sendiri di rumah. Membuat sendiri lebih isimewa lhoh… Bahan yang dibutuhkan pastinya mudah dan sering di temui di dalam kulkas. sedang bumbunya pun hanya bumbu dasar saja. Ini sudah kami buktikan sendiri dan alhamdulillah banyak yang suka. Oke, Nikmati kebersamaan bersama keluarga dengan bihun goreng spesial rumahan. Selamat Mencoba 🙂

Bahan:

  • 150 gr bihun kering, seduh dengan air panas, jika sudah lunak tiriskan
  • 50 gr mie telur, rebus hingga lunak dan tiriskan
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 butir telur, ceplok aduk orak arik
  • 125 gr fillet ayam, potong kotak
  • 3 buah Sosis sapi, iris serong
  • 5 buah bakso sapi, iris bundar
  • 3 batang caisim, potong sesuai selera
  • 1 barang daun bawang, iris serong
  • 50 ml air

Bumbu :

  • 4 siung bawang putih, dihaluskan
  • 6 butir bawang merah, dihaluskan
  • 3/4 sdt garam
  • 3/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1,5 sdm saos tiram
  • 1 sdm saos tomat

Cara Membuat :

Pertama tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum.
Kemudian masukkan sosis dan daging ayam, aduk hingga daging ayam dan sosis berubah warna.
Lalu masukkan bakso dan caisim, saus tiram dan saus tomat, aduk rata hingga layu
Setelah itu, masukkan bihun, mie telur, telur, merica bubuk, kaldu dan kecap, aduk hingga semua bahan tercampur rata.
Sesaat sebelum diangkat, masukkan daun bawang dan aduk rata, lalu angkat bihun
Sajika bihun goreng spesial dengan tambahan bawang goreng dan irisan mentimun dan tomat.

Resep Membuat Kue Bolu Pandan Kukus

KUe Bolu kukus pandan

Resep Membuat Kue Bolu Pandan Kukus

Saat berkumpul dengan keluarga memang enak jika menikmati sesuatu yang manis. Apakah itu? ya sesuatu ini bisa dinikmati dengan teh manis hangat saat cuaca dingin karena hujan. Ya…kue kukus rasa pandan ini favoritnya. Selain enak, cara membuatnya pun sangat mudah lhoh… Silahkan simak bahan serta cara membuatnya di bawah ini. Selamat Mencoba 🙂

Bahan :

  • 125 gr tepung terigu serbaguna
  • 100 gr gula pasir
  • 100 gr margarin, lelehkan
  • 50 ml susu kental manis
  • 3 butir telur
  • 50 ml santan pekat
  • 50 ml jus pandan
  • 1/2 sdt sp / ovalette
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt vanili
  • 1/2 sdt pewarna makanan hijau
  • 1/2 sdt garam


Cara Membuat :

Pertama mixer telur, gula, sp, vanili dan peawarna hijau dengan kecepatan tinggi hingga mengental.
Lalu ayak terlebih dahulu tepung terigu, baking powder dan garam dan masukkan ke dalam adona telur sambil diaduk dengan spatula secaraperlahan
Kemudian tambahkan margarin leleh, susu kental manis, jus pandan serta santan.
Setelah tercampur rata, masukkan ke dalam loyang yang telah diolesi margarin dan kukus hingga matang.
Sajikan dengan berbagai topping sesuai selera.