Resep dan Cara Membuat Es Teh Yang Segar dan Menyehatkan

Resep dan Cara Membuat Es Teh Yang Segar dan Menyehatkan. Es teh telah sejak lama menjadi salah satu minuman paling populer sebagai penutup hidangan. Minuman es teh ini mempunyai banyak antioksidan dan nutrisi untuk kesehatan tubuh dan kulit Anda. Untuk mendapatkan racikan es teh yang segar dan menyehatkan, Anda bisa memakai beberapa tips berikut ini :

Teh tidak asal-asalan diseduh dengan air panas, senyawa kimia di dalam teh bisa hilang. Sebelum Anda menyeduhnya dengan air mendidih, perhatikan dulu beberapa tahapan ini.

Resep dan Cara Membuat Es Teh

1. Pergunakanlah teh segar

Disarankan menggunakan teh yang masih segar, karena minyak pada teh yang memberikan rasa khas teh bisa rusak seiring dengan waktu. Pilihlah teh tubruk dibanding teh dalam kantong kemasan untuk rasa yang dihasilkan lebih maksimal. Apabila Anda lebij ingin praktis pilih teh dengan kantong berbentuk piramida hal ini bertujuan agar daun bisa lebih mengembang.

2. pergunakan air murni untuk menyeduh teh

Air untuk menyeduh teh ternyata sangat bisa mempengaruhi rasa dan kandungan dalam teh. Air kaya mineral dapat menyebabkan rasa teh menjadi tidak menonjol saat berkaitan dengan senyawa dari daun teh. Sebaliknya air murni yang tidak berbau dapat menghadirkan rasa teh lebih enak dan lebih terasa aroma teh nya.

3. Sesuaikan suhu teh

Pakailah air yang telah mendidih (100 derajat celcius) untuk menyeduh teh hitam, herbal, dan oolong. Tapi, gunakan air 77-82 derajat celcius untuk teh hijau, putih, dan teh oolong berwarna cerah. Cara ini apabila tidak diterapkan dapat mengakibatkan teh dengan rasa terlalu pahit atau sepat.

4. Gunakan teh dalam jumlah cukup

Untuk jenis teh dengan daun atau bunga lebih besar, misalnya teh hijau atau chamomile Anda dapat memasukkan satu setengah hingga dua sendok teh per 237 ml air. Kemudian untuk teh hitam yang lebih pekat Anda cukup memberikan satu sendok teh daun teh.

5. Diamkan teh sejenak seduhan teh

Untuk meghasilkan teh yang lebih pekat harus didiamkan tiga sampai dengan lima menit, namun untuk teh hijau dan putih memerlukan waktu dua hingga tiga menit. Kemudian setelah teh cukup dingin, Anda dapat memasukkan ke dalam kulkas dan bisa menambahkan es batu saat ingin disajikan.

6. Racikan teh lebih sehat

Maksimalkan zat flavonoid dengan mengkonsumsi teh yang baru saja Anda diseduh. Jika Anda ingin menyimpan satu pitcher teh ke dalam kulkas, Anda dapat menambahkan sedikit air jeruk lemon. Hal ini bertujuan agar kandungan asam sitrat dan vitamin C didalamnya bisa membantu menjaga kandungan flavonoid.

Demikianlah artikel tentang Resep dan Cara Membuat Es Teh Yang Segar dan Menyehatkan. Baca juga Resep Es Sop Buah Sirup Marjan Minuman Buka Puasa, semoga bermanfaat untuk Anda, selamat mencoba !

dikutip dari food detik

 

Komentar

Komentar