Resep Masakan Pepes Ikan Salem Sederhana

| November 22, 2016

Resep Masakan Pepes Ikan Salem Sederhana

img_20161121_122720

img_20161121_122712

Saat memikirkan menikmati makanan yang panas, pedas dan segar, disitu suara motor pak sayur terdengar danberhenti di depan rumah. Dan disitulah aku langsung bergegas keluar untuk melihat-lihat aneka sayuran yang pak sayur bawa. Karena pak sayur sampai sini sudah siang sekitar pukul 9 atau setengah 10 an maka sayur dan lauk yang di bawa pun tinggal seadanya. Waktu itu sayur yang ada adalah kangkung, bayam serta kecambah dan lauknya tahu, cumi-cumi, ikan salem dan 1/4 iga sapi serta aneka bumbu. Langsung cling nih pikiran, pengen yang seger dan membayangkan masakan perpaduan tomat hijau, cabe rawit dan gurihnya parutan kelapa yaitu pepes ikan. Setelah mengelilingi gerobak pak sayur, lalu kuputuskan untuk memilih ikan salem.

img_20161119_072350

Awalnya sih bingung dengan berbagai kelengkapan untuk membuat pepes tapi karena disini banyak tetangga yang baik dan ada yang berjualan untuk angkringan otomatis banyak berbagai bumbu dan bahan yang dibutuhkan. Dengan begitu aku beranikan diri untuk mengirim pesan singkat karena rumahnya agak jauh antara Rt 1 dan 2 (hehehhe…gak sopan hanya via pesan singkat saja) dari berbagai bahan yang dibutuhkan untuk pepes ternyata masih kurang banyak yaitu kelapa muda, cabe, tomat dan daun pisang. Dengan berhati-hati kurangkai kata (duhh…lebaywati, soalnya beliau lebih tua dari saya) langsung ku tulis kekurangan bahan pepes itu untuk dibeli dari beliau. Dan alhamdulillah karena udah kenal lama dan memang beliau baik maka bahan yang kubutuhkan itu semua diberikan (senengnya dikasih harga murah lagi 🙂 ) Setelah beliau bilang ada, langsung cus ke rumah beliau untuk mengambilnya. Tak lama untuk mengambil belanjaan dari beliau (udah ngiller pengen menikmati pepes ikan salem ) langsung balik pulang (biasanya ngobrol sampai lupa waktu #ngrempyong ciiinn..). Setelah sampai rumh langsung tuh eksekusi si ikan salem. Ikan salem dibelah jadi 2 dan diambil duri-durinya dan kepala ikannya juga diikutkan ya (sayang kalau dibuang, hehehehe….)Daun pisang supaya tidak pecah saat dibentuk, sebaiknya dijemur sebentar hingga agak layu. sambil menunggu daun pisang layu, saya akan mulai mengiris-iris cabe hijau besar, tomat ijo, salam, daun jeruk, lengkuas, batang serai. Jangan lupa dengan daun kemanginya, sebab ini yang menambah aroma pepes ikan salem semakin lezat. Sebenarnya ini adalah salah satu pekerjaan memasak yang tidak begitu saya sukai yaitu memarut kelapa muda (kemayu dasare, hehe…). Tapi parutan kelapa muda inilah yang menambah kelezatan pepes ikan salem (Tetep semangat marutnya). Angkut masuk daun pisangnya dulu ahhh…keburu kering kerontang. Saatnya nyiapin bumbu yang dihaluskan ya, bawang merah, bawang putih, cabe keriting besar, cabe merah besar, cabe rawit (sret atau jemprit, disiangi untuk utuhan ya), kemiri (bakar bentar aja), jahe dan kunyit yang dibakar juga. Setelah halus bumbunya, lalu dicampur dengan parutan kelapa dan jangan lupa ya untuk dicicip rasanya. Jika dirasa sudah pas, mulai gulung-gulung bungkus pepesnya.

img_20161119_072204_1479689720761

img_20161119_072139

img_20161119_072213

Semakin tidak sabar pepes ikan salem ini matang. Dan ini bahan, bumbu serta cara membuatnya :

Bahan :

  • 4 ekor ikan salem, belah jadi 2 dan buang durinya
  • 1 butir kelapa muda utuh, parut
  • 1 untai kemangi, ambil daun dan pucuknya
  • 4 buah tomat ijo, iris sesuai selera
  • 16 buah cabe rawit ( 1 bungkus 2 buah cabe)
  • 4 lembar daun salam, potong jadi 2
  • 3 cm lengkuas, iris tipis jadi 8
  • 4 batang serai, belah jadi 2
  • 4 buah daun jeruk, potong jadi 2
  • Daun pisang secukupnya
  • Tusuk gigi secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :

  • 5 buah cabe merah keriting
  • 3 buah cabe rawit
  • 5 siung bawang putih
  • 7 bawang merah
  • 2 cm jahe, dibakar
  • 2 cm kunyit, bakar
  • 2 buah kemiri, dibakar atau disangrai

cara Membuat :

Pertama campur bumbu yang telah dihaluskan dengan parutan kelapa dan dicicipi, dan bagi menjadi 8 bagian sama rata
Kemudian siapkan daun pisang 2 lembar, tata parutan kelapa setengah setiap bagian kemudian letakkan cabe rawit utuh, tomat iris, salam, lengkuas, daun jeruk bantang serai dan kemangi diatasnya
Lalu setelah kemangi, baru ikan di letakkan dan ditutup dengan kemangi dan parutan kelapa setengah setiap bagian lagi
Dan selanjutnya digulung, lalu ujung dikancing dengan tusuk gigi dan lakukan hingga ikan habis
Setelah itu, pepes ikan dikukus selama 45 menit dan kemudian dipanggang hingga daun agak gosong
Angkat dan sajikan.

img_20161119_072228_1479689734527

img_20161119_072700

Itulah resep sederhananya bahan, bumbu dan cara membuatnya memang banyak dan butuh waktu lama, terutama saat memarut kelapa (hehhe…). Tidak sabar menunggu matangnya pepes ini, keburu lapar. Setelah matang, gak langsung makan tapi pengen segera kasih tester ke tetangga dekat. Ingin denger komentarnya donk pastinya ( deg-degan juga sih jkarena pertama kali masak seperti ini ). Aku ambilkan nasi 2 entong nasi dan 3 2 pepes ikannya dan kuantar ke rumah tetangga. Karena ni orangnya unik, langsung dah disantap olehnya ( sambil nelen ludah ), suruh nunggu sam pai dia makan selesai ( ni sengaja ngerjain orang ) baru nanti dikasih komentarnya. Hedeh…bu…bu lha kok lama banget sampe nunggu makan habis. Dengan sabar saya menunggu selesai, dan beliau memberi komentarnya dan tarrra …. ENNAAAKK…katanya, seneng banget dah pokoknya. Setelah itu aku pulang baru menikmati pepes ikannya, karena dah ngiler dari awal buat. Akhirnya….sarapan juga dengan pepes ikan salem yang rasanya endossslah dah (walaupun sarapannya dah jam 11:30). Setelah selesai makan, istirahat bentar sambil nonton tv dan hp pun berbunyi, dan setelah saya buka ternyata pesan dari ibu yang dikasih tester tadi kalo ternyata dia pesen 8 bungkus. Saya iyain ajalah, Alhamdulillah rejeki. Setelah saya ureg-ureg alias hitung dapatlah harga yang pas dan cocok dengan pepes ikannya. Saya beritahukan kepada beliau untuk harga pepesnya dan ternyata setuju. Setelah itu Beliau pesan hingga saat kini sudah 3 kali pesan (emang gak bosan ya bu ). Alhamdulillah 🙂 Malamnya, saya bungkuskan 3 bungkus pepes untuk ibu yang telah menolong saya untuk meberikan sebagian bumbu dan daun pisangnya untuk saya beli. Saya memberikan di warung angkringan sekalian wedangan. Dan kemudian dinikmatilah pepes itu, beliau ini bersam putranya. Karena kepengen dengan aroma pepesnya, kemudian putra si ibu ini juga ikut makan dan dia berkomentar ternyata bu tom (saya) bisa masak juga to (dalam bahasa jawa). Langsung tambah seneng dan pede kalau buat lagi nanti. Pokoknya Alhamdulillah 🙂

img_20161117_112516

Semoga resep sederhana pepes ini menjadi inspirasi para ibu untuk membuat menu ikan salem dengan cara bberbeda dan bisa menjadi ladang usaha. Selamat Mencoba 🙂

 

Tags:
Aneka masakan tidak pedas, makanan berbahan dasar pisang untuk buka puasa, menu buka puasa berbahan dasar pisang, macam masakan iga, makanan berbuka puasa berbahan dasar pisang, bumbu pepes ayam pakai kelapa, ikan salem bakar, aneka resep makanan dipanggang, tumis kepala cumi, macemmacemmasakaniga, 

Komentar

Komentar

Category: Resep Masakan Indonesia

Comments are closed.

You might also likeclose