Sehat Jus atau Buah Segar?

| October 14, 2014

jus

Sehat Jus atau Buah Segar? Bingung mau menikmati jus buah atau langsung buah segar? Di bawah ini adalah beberapa kutipan yang perlu disimak untuk mendapatkan gizi dan vitamin agar penuh diserap oleh tubuh kita. Berikut ada bagian dari buah yang memang bisa dinikmati dengan daging buahnya karena kandungan antioksidanya dan ada pula bagian buah yang memang harus dibuang.

Buah merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak vitamin dan gizi yang baik untuk tubuh kita. Sebagian orang menganggap memakan buah merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan.Memakan buah ini cocok bagi anda yang sedang dalam program diet. Bagi penikmat jus tentunya lebih menyukai jus buah dari pada jus sayur karena jus buah jauh lebih manis dan enak. Adapun sebagian orang membahas akan jus, yaitu jus tidak terlalu baik untuk dinikmati dan lebih baik menimkati buah dengan dimakan secara langsung atau utuh. Kalau ditelusur lagi jus itu juga berasal dari buah yang sama dan yang membedakan hanya bentuknya. Namun adapun dari beberapa sumber, adapun bagian dari buah yang jika dibuat jus itu menjadi kurang sehat, seperti

Kulit buah

Kulit buah merupakan bagian terluar dari buah. Kulit buah ini ada yang bisa di jus dengan buahnya dan ada juga yang tidak bisa atau dibuang kulitnya, seperti jeruk. Anggur, apel, pir, buah-buahan berry, jambu dan belimbing merupakan contoh beberapa buah yang memiliki kulit buah yang menyehatkan karena kandungan antioksidannya, Kulit dari buah tersebut memiliki manfaat yaitu sangat baik untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak dan menangkal efek negatif radikal bebas.

Bulir dan biji

Buah yang memiliki bulir salah satunya adalah jeruk. Bulir jeruk merupakan salah satu bagian terpenting yang mengandung serat dalam buah jeruk. Bulir jeruk ini dilindungi pembungkus sehingga jeruk tidak berair ketika dikupas. Pembunkus bulir jeruk yang berbentuk seperti kulit tipis ini ternyata mengandung flavonoid yang tinggi. Sehingga jika bulir jeruk yang mengandung vitamin C digabung dengan flavonoid dari kulit ari atau kulit tipis pembungkus bulir jeruk dari buah jeruk ini sangat baik untuk kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan.

Serat

Serat merupakan bagian terpenting yang dibutuhkan bagi tubuh dari memakan buah. Jika membuat jus, serat dari buah akan menjadi berkurang, tetapi tidak menghilang. Berbeda jika mengunyah buah, serat bisa lebih banyak didapatkan. Namun hal ini lain jika makan jeruk dengan membuang kulit arinya, atau memeras dan hanya mengambil airnya. Sama seperti dengan membuat jus jambu lebih baik tidak perlu disaring karena seratnya akan berkurang.

Bingung, menikmati jus atau buah segar untuk dinikmati? Semua itu tergantung dari mana jus buah didapatkan, seperti kalau membeli jus dalam bentuk kemasan atau memang membuat jus buah sendiri di rumah. Jika beli jus dalam bentuk kemasan di supermarket, maka jus buah itu tidak terlalu sehat karena adanya pengawet dan gula tambahan didalamnya. Dan jika membuat jus buah sendiri, alangkah baiknya tidak menambahkan susu kental manis dan gula.Seperti contoh, Kalau ingin membuat jus anggur, lebih baik jus dengan kulit dan bijinya langsung sedang untuk membuat jus jeruk dengan kulit arinya dan bagian putih-putihnya.

Berikut tips kesehatan untuk menikmati jus dan buah segar langsung. Semoga bermanfaat 🙂

Tags:
buah di jus atau langsung, makanan olahan dari buah buahan, olahan makanan dari buah buahan, reseo makanan dari buah buahan, 

Komentar

Komentar

Category: Info Kesehatan

Comments are closed.

You might also likeclose