Tips dan Cara Mudah Membuat Kulit Lumpia

| November 7, 2014


Tips dan Cara Mudah Membuat Kulit Lumpia

Lumpia

Lumpia merupakan salah satu makanan khas Semarang selain wingko Babat. Dan Lumpia adalah salah satu jajanan yang sangat digemari dan membuat ketagihan karena rasanya enak dan gurih. Lumpia ini bisa diisi dengan isian sayuran, daging, sosis atau lainnya.Selain isiannya, penunjang utamanya adalah kulit lumpianya karena mempengaruhi tampilan luarnya.Lumpia ada 2 macam yaitu lumpia basah dan kering dan yang membedakan aadalah yang kering itu digoreng danĀ  lumpia basah tidak.Dan lumpia ini menjadi lebih nikmat bila disajikan dengan saus daun bawang.Pernah pastinya terlintas dalam pikiran untuk membuat lumpia sendiri di rumah untuk menemani kebersamaan keluarga. Namun kadang niatan itupun pupus karena merasa kesulitan saat membuat kulit lumpianya. Namun kulit lumpia ini bisa di dapatkan di toko swalayan jadi tidak perlu repot-repot membuat sendiri. Akan tetapi jika hasil akhir menjadi tujuannya disarankan lebih baik membuat kulit lumpianya sendiri. Tidak sedikit wanita yang bisa membuat kulit lumpia ini. Kulit lumpia ini bisa juga digunakan untuk membungkus jenis makanan lain lho.Bahan dasar membuat kulit lumpia umumnya menggunakan tepung, air, garam, sedikit garam dan telur. Tepung merupakan bahan utama dalam pembuatan kulit lumpia dan ini harus diperhatikan. Selain tepung, pengulenan juga harus diperhatikan saat penambahan bahan lain agar menghasilkan kulit lumpia yang sempurna.Kulit Lumpia yang baik pada umumnya berbentuk tipis, mulus dan renyah, namun yang pasti rasanya enak. Untuk mendapatkan kulit lumpia yang tipis itu cukup sekali mengoleskan adonan pada wajan. Dan jika ingin kulit lumpia agak tebal bisa berulang kali mengoleskan adonan ke wajan. Agar menghasilkan kulit lumpia yang putih yaitu dengan mengoleskan minyak pada wajan saat pertama kali akan digunakan.Untuk hasil lebih baik bisa dengan menggunakakn telur bebek, namun bagian mata yang ada di kuning telur harus dibuang agar tidak menimbulkan bau anyir. Untuk kulit lumpia yang sudah matang bisa dialasi suwiran daun pisang agar tidak menyatu saat masih panas. Jika ingin disimpan di lemari es, suhu harus sama dengan suhu ruang dan kulit lumpia haruss dibungkus dengan plastik. Di bawah ini adalah bahan yang dibutuhkan untuk membuat kulit lumpia serta cara membuatnya. Silahkan disimak!

Bahan:

1/4 kg tepung terigu
1 sdt garam
200 ml putih telur ayam
25 ml air
3 sdm minyak sayur untuk olesan

Cara Membuat :

Campurkan tepung terigu dengan garam hingga rata. Masukkan putih telur, aduk-aduk dengan tangan hingga rata lalu tuang sebagian air secara bertahap sambil diuleni terus dan gunakan telapak tangan untuk mengangkat atau membanting adonan. Kemudian tuang sisa air, uleni lagi selama 15 menit lalu diamkan hingga 40 menit.
Panaskan wajan antilengket di atas api kecil, olesi dengan sedikit minyak. Celupkan kuas kue yang lebar dalam adonan lalu olesi pada wajan dengan rata.
Panaskan hingga bagian pinggirnya mengelupas lalu angkat dan lakukan hinggga adonan habis. Lapisi tiap lembar adonan dengan sepotong daun pisang agar tidak lengket.




Tags:
resep kue basah yang digoreng, resep agar agar kering rainbow, cara buat makanan ringan untuk dijual, 

Komentar

Komentar

Category: Tips Memasak

Comments are closed.

You might also likeclose