Tips Menghilangkkan Strechmark Dengan Bahan Alami

| January 10, 2015

Tips Menghilangkkan Strechmark Dengan Bahan Alami
strech
Sebelum mencari cara untuk menghilangkan strechmark, pelajari dulu bagaimana stretch marks terbentuk. Stretchmark adalah garis-garis / guratan-guratan putih muncul karena kulit kehilangan elastisitasnya karena peregangan yang berlebihan. Strechmark ini membuat wanita stres dan kurang percaya diri. Terutama untuk ibu hamil setelah melahirkan dan sampai anaknya tumbuh besar, strechmark tidak akan pernah hilang. Pasti hal ini sangat mengganggu khususnya bagi ibu mudah yang baru memiliki 1 putra.

Adapun banyak wanita yang kurang paham dan sulit membedakan antara selulit dan strechmark. Dan ini merupakan istilah asing bagi wanita yang belum pernah mengalami kehamilan. Namun faktanya strechmark dan selulit ini sangat berbeda. Strechmark berupa ggaris-garis / guratan-guratan putih muncul karena kulit kehilangan elastisitasnya karena peregangan yang berlebihan sedangkan Selulit merupakan lemak berlebih yang terlihat menonjol pada bagian kulit. Dari penyebabnya saja sudah berbeda begitupun dengan bentuknya.

Adapun beberapa faktor penyebab munculnya strechmark :
1. Peregangan kulit yang berlebihan
2. Kekuarangan vitamin A, C dan E
3. Kegemukan dalam waktu yang singkat
4. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi
5. Penggunaan obat dengan kandungan steroid dan merusak kolagen
6. Pada saat hamil, menggaruk kulit berlebihan

Dari beberapa penyebab strechmark diatas, wanita hamil sangat rentan mendapatkan strechmark. Namun Strechmark tidak timbul pada wanita hamil saja, tapi wanita dewasa atau remaja dan bahkan anak-anak pun bisa mendapatkan strechmark. Untuk itu adapun cara yang mudah tentunya untuk mencegah dan mengobati strechmark. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati strechmark :

1. Lemon

lemon
Lemon ini memiliki banyak kegunaan terutama untuk masalah kulit karena kandungan keasaman yang alami yaitu untuk strechmark,jerawat dan luka bakar. Cara mengobati strechmark dari lemon ini sangat mudah caranya, yaitu dengan membelah lemon menjadi 2 bagian kemudian dioleskan ke kulit yang terdapat strechmark dengan cara melingkar lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu dibilas dengan air hangat.

2. Gula

GULA
Gula dapat membantu Pengelupasan kulit. Dengan cara mencampur gula dengan beberapa tetes sari lemon dan tambahkan minyak almond. Campur hingga merata lalu oleskan dan diamkan selama 10 menit.

3. Minyak Zaitun

minyak
Banyak manfaat dari minyak zaitun antara lain sebagai make up remover waterproof, melembabkan kulit serta untuk pijat. Minyak zaitun membantu menghilangkan strechmark jika digunakan secara rutin. selain itu jika anda menggunakannya pada saat hamil akan mengurangi rasa gatal sehingga mampu mencegah timbulnya strechmark.

4. Kentang

kentang1
Kentang mengandung vitamin dan mineral yang sangat bagus untuk kulit. Sehingga mampu mempercepat regenerasi kulit serta memulihkan kulit yang mengalami kerusakan atau luka. Sayuran satu ini, ternyata bisa menghilangkan strechmark. Caranya dengan memotong motong menjadi beberapa bagian kemudian dioleskan ke kulit yang terdapat strechmark. Diamkan lalu cuci bersih menggunakan air hangat.

5. Lidah Buaya

Khasiat-Lidah-Buaya
Selain dibuat cincau untuk komponen dawet, ternyata lidah buaya dapat digunakan menghilangkan strechmark. Hal ini disebabkan oleh lidah buaya yang mengandung banyak sekali nutrisi dan senyawa yang aktif. Caranya hanya dengan mengoleskan gelnya.

6. Air Putih

air-putihh
Dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari bisa membantu mengembalikan elastisitas kulit. Dengan begitu kulit kita akan melakukan penyembuhan dengan lebih baik dan cepat dan kulitpun akan terasa lebih lembut.

7. Kopi

Kopi
Gunakan kopi yang masih alami tanpa campuran dan masih berbentuk serbuk atau bisa menumbuknya sendiri hingga lembut kemudian oleskan ke kulit yang terdapat srechmark lakukan secara rutin 2 kali sehari

8. Putih Telur

Egg-Whites
Pisahkan 2 buah putih telur kedalam sebuah mangkuk, lalu aduk dengan garpu secara perlahan. Biarkan putih tersebut menyerap kedalam kulit. Setelah itu bersihkan dengan menggunakan air dan sabun agar bau amisnya hilang.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, istilah ini bisa diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Adapun cara yang perlu diperhatikan agar strechmark tidak timbul di tubuh kita. Berikut adalah cara mencegah timbulnya strechmark :

1. Melalukan perawatan pasca melahirkan dengan lotion strechmark
2. Sebisa mungkin tidak menggaruk kulit secara berlebihan
3. Memakai body scrub sebelum anda mandi
4. Menggunakan minyak zaitun saat hamil setiap hari
5.Melakukan olah raga teratur
6.Menjaga pola makan agar tetap seimbang dan sehat
7. Tidak mengkonsumsi obat yang mengandung kortikosteroid dalam jangka panjang
8. Melakukan diet sehat dan menjaga keseimbangan berat badan agar tidak 9. mengalami kenaikan ataupun penurunan berat badan secara drastis
10. Sebisa mungkin menggunakan stagen saat mengandung
11. Menjaga kelembaban kulit agar selalu lembab, bisa menggunakan minyak atau lotion

Berikut beberapa tips untuk mengobati serta mencegah strechmark. Semoga dengan tulisan ini, bisa menambah wawasan dengan istilah strechmark serta perbedaannya dengan selulit. Untuk yang sudah terlanjur terkena strechmark menjadi tahu pengobatan atau cara menghilangkan serta pencegahannya. Yang paling penting, untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan secara rutin serta jaga pola makan sehat dan konsumsi air putih secukupnya kurang lebih 8 gelas agar kulit sehat dan cantik. Semoga bermanfaat 🙂

Komentar

Komentar

Category: Info Kesehatan

Comments are closed.

You might also likeclose