Tips Mengolah/ Memasak Daging Kambing

| October 23, 2012


Daging Kambing

Sebentar lagi akan ada hari raya Idul Qurban atau Idul Adha yang biasanya ibu-ibu dapat daging kambing, akan tetapi para ibu-ibu akan sedikit kerepotan bila ingin memasak daging kambing ini karena proses memasak ataupun pengolahannya lama. Ditambah lagi aroma daging yang menyengat dan susah hilang jika tidak diolah dengan baik dan benar. Disini saya akan memberikan sedikit tips memasak atau mengolah daging kambing supaya menghilagkan bau prengus dan dagingnya menjadi empuk. Untuk memasak daging kambing ini tidak dibutuhkan keahlian khusus.  Ada beberapa cara alami yang bisa diterapkan untuk menghilangkan bau dan membuat daging kambing menjadi empuk.

Berikut tips tentang cara mengolah atau memasak daging kambing supaya empuk dan tidak bau prengus :

  • Membuang Buih Saat Direbus. Untuk menghilangkan bau prengus yag tajam pada daging sebaiknya rebus terlebih dahulu di air mendidih. Segera buang buih-buih yang muncul di permukaan air karena buih-buih tersebut adalah kotoran dari permukaan daging.
  • Pisahkan Jeroan Dengan Daging Saat Memasak. Saat merebus daging luar, jangan campur dengan jeroan bagian dalam karena bau prengus akan semakin parah.
  • Bungkus dengan daun pepaya. Daripada mengempukkan daging dengan bahan kimia, lebih baik menggunakan daun pepaya. Cara ini untuk mengolah daging yang proses memasaknya tidak direbus. Bungkus daging dengan daun pepaya. Nantinya daging akan menjadi lebih empuk saat dimasak.
  • Lumuri Perasan Nanas atau Yogurt. Selain dibungkus dengan daun pepaya, untuk mengempukkan daging bisa dilumuri perasan buah nanas. Atau meniru gaya Mediterania, yaitu melumuri daging dengan yogurt dan mendiamkannya semalaman. Daging kambing tidak akan mempunyai rasa nanas atau yogurt, karena hanya zat pengempuk dari bahan-bahan tersebut yang bekerja dan tidak mempengaruhi rasa.
  • Direbus bersama bumbu dapur beraroma kuat. Aroma kambing yang menyengat bisa dinetralisir dengan cara merebusnya bersama rempah-rempah beraroma kuat, seperti lengkuas, jahe, daun salam, atau daun jeruk dan batang sereh.



Komentar

Komentar

Category: Resep Masakan Idul Adha

Comments are closed.

You might also likeclose